Official Website SMA Negeri 9 Malang Jawa Timur Official Website SMA Negeri 9 Malang Jawa Timur Official Website SMA Negeri 9 Malang Jawa Timur

Selamat datang di web SMAN 9 Malang - Selamat menempuh Ujian Nasional Berbasis Komputer 2016/2017 bagi siswa/siswi kelas XII SMA Negeri 9 Malang

OSIS SMA Negeri 9 Malang

  

OSIS SMAN 9 MALANG


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

SMA NEGERI 9 MALANG


 

Penanggung Jawab : Bapak H. Abdul Teddy,M.Pd (Kepala SMAN 9 Malang)

Waka Kesiswaan : Dra Wahyu Purwaningtyastuti

Ketua OSIS SMAN 9 Malang : Muhammad Iqbal Fitra (XI B 4)

Ketua MPK SMAN 9 Malang : Ricky Fernando (XI B 4)


OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMA Negeri 9 Malang sebagai satu-satunya organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan SMA Negeri 9 Malang. Tujuan didirikannya OSIS Smanawa adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa.

Sebagai satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah maka OSIS SMAN 9 Malang bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS sendiri merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.


SARANA PRASARANA UNTUK OSIS SMAN 9 MALANG

Aktifitas OSIS SMAN 9 Malang  berpusat pada ruang OSIS yang berada pada bagian timur area SMAN 9 Malang.

Ruangan OSIS SMAN 9 Malang 


PERANAN OSIS SMAN 9 MALANG

Sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan, peranan OSIS SMAN 9 Malang adalah:

1. Sebagai Wadah Organisasi

Organisasi Siswa Intra Sekolah SMAN 9 Malang merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di Sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya tujuan pembinaan kesiswaan. Oleh sebab itu OSIS dalam mewujudkan fungsinya sebagai wadah. Wahana harus selalu bersama-sama dengan jalur lain, yaitu latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan wiyatamandala. Tanpa saling berkerjasama dari berbagai jalur, peranan OSIS sebagai wadah tidak akan berfungsi lagi.

2.Sebagai Penggerak / Motivator

Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan, semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

OSIS akan tampil sebagai penggerak apabila para pembina, pengurus mampu membawa OSIS selalu dapat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan yang diharapkan, yaitu menghadapi perubahan, memiliki daya tangkal terhadap acanaman, memanfaatkan peluang dan perubahan, dan yang paling penting memberikan kepuasan kepada anggota. Dengan bahasa manajemen OSIS mampu memainkan fungsi intelektual, yaitu mampu meningkatkan keberadaan OSIS baik secara internal maupun eksternal. Apabila OSIS dapat berfungsi demikian sekaligus OSIS berhasil menampilkan peranannya sebagai motivator.

3. Peranan Ketertiban Sekolah

Apabila peran yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakan sumber daya yang ada secara eksternal OSIS mampu mengadaptasi dengan lingkungan, seperti : menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara preventif OSIS berhasil ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. Peranan Preventif OSIS akan terwujud apabila peranan OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.


Foto bagian dalam ruang OSIS SMAN 9 Malang


Melalui peranan OSIS SMAN 9 Malang tersebut dapat ditarik beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air.
3. Meningkatkan kepribadian dan budi pekerti luhur.
4. Meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan.
5. Meningkatkan ketrampilan, kemandirian dan percaya diri.
6. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.
7. Menghargai dan menjiwai nilai-nilai seni, meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni.

Foto Ruang OSIS SMAN 9 Malang tampak belakang

OSIS SMAN 9 Malang dibina untuk mengarah pada pembentukan karakter siswa yang cerdas, aktif, ulet, dan kreatif. Dengan pembinaan yang ada OSIS Smanawa selalu ditempa untuk berbudi pekerti luhur sesuai dengan wawasan kebangsaan sebagai manusia yang unggul dan bermartabat sehingga berguna bagi nusa dan bangsa.


Jika berkaca pada visi dan misi SMAN 9 Malang yaitu Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik di tingkat global yang berwawasan lingkungan berdasar iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka melalui OSIS dapat menjadi instrumen untuk mewujudkan SMAN 9 Malang yang berprestasi dan lebih maju lagi ke depannya.


Bravo Smanawa