Bakti Desa SMANAWA Bakti Desa SMANAWA Bakti Desa SMANAWA

Bakti Desa SMANAWA

Kamis, 19 Desember 2013 12:36:02 - oleh : admin

Semakin maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di Indonesia khususnya di kota Malang seperti pelanggaran tata tertib, penggunaan dan penyalahgunaan narkoba, perkelahiaan antar sekolah telah mengundang keprihatinan  SMA Negeri 9 Malang.

                Mengingat remaja adalah generasi penerus bangsa, SMA Negeri 9 Malang memiliki kewajiban membentuk kembali moral siswa SMA Negeri 9 Malang khususnya, untuk menjadi lebih baik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah Program Bakti Desa.

                Ada yang tahu gak arti bakti desa? Bakti desa adalah suatu perwujudan kepedulian kita terhadap sesama, serta sarana belajar untuk menghadapi dan mensyukuri hidup yang diberi oleh Tuhan YME. Tahun ini merupakan tahun kedua diadakannya bakti desa.

                Kegiatan yang diketuai oleh Bapak Heru Rusmanto, S.Pd dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 15 sampai 17 Desember 2013 di Desa Ngebruk, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI. Usai kegiatan siswa akan melaporkan hasil kegiatan observasi mereka dalam bentuk Karya Tulis.

                Selama kegiatan Bakti Desa seluruh  siswa kelas XI sesuai dengan kelompoknya masing-masing (5 orang) menempati salah satu rumah warga. Disana, mereka tidak hanya menginap saja, tetapi mereka diwajibkan untuk mengikuti aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh pemilik rumah seperti memasak, menyapu, kesawah, ke peternakan dan sebagainya. Itu merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Selain itu juga dapat mendidik siswa untuk menjadi lebih mandiri lagi. Karena belum tentu pekerjaan yang mereka lakukan disana, mereka lakukan jika dirumah mereka sendiri.

                Setelah itu, ketua kelompok dikumpulkan di balai desa untuk diberi pengarahan oleh panitia, sebelum mereka berangkat untuk melakukan bakti sosial (Baksos). Bakti sosial ini dilaksanakan dengan cara membagikan sembako kepada warga yang kurang mampu.

                Dihari kedua, pada pukul 06.00-07.00  seluruh siswa melakukan kerja bakti dirumah masing-masing dan salah satu perwakilan dari masing-masing kelompok melakukan kerja bakti di Balai Desa. Kemudian dilanjutkan dengan observasi sesuai dengan objek yang sudah ditentukan. Mereka rela berjalan jauh dan berada dibawah terik matahari demi pembuatan tugas yang harus mereka kerjakan. 

                Pada malam kesenian, siswa-siswi kelas XI mengikuti kegiatan pentas seni yang dilaksanakan secara sederhana di balai desa Ngebruk. Berbagi penampilan disuguhkan baik dari SMA Negeri 9 Malang dan juga dari Warga desa Ngebruk sendiri. Penampilan pertama diisi oleh penampilan Tari Remo oleh salah satu siswa SD di desa Ngebruk, kemudian dilanjutkan penampilan akustik dari siswa SMA Negeri 9 Malang yaitu Friza (XI IPS 1) , Hajar (XI IPS 3) dan Agnes (XI IPA 5). Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari SMA Negeri 9 Malang kepada Kepala desa Ngebruk. Setelah itu dilanjutkan penampilan shuffle yang dilakukan oleh Gandhi (XI IPA 5) dan Ryan (XI IPA 3), kemudian dilanjutkan penampilan Tari dari salah satu siswi TK  di Ngebruk. Dan yang tak kalah menarik adalah penampilan dari bapak Panjilmo Putro, S.Pd, M.Si yang menampilkan sulapnya. Dan penampilan terakhir diisi oleh penampilan sulap dan Hipnotis dari Tri (XI IPS 4). Seluruh penonton sangat antusias menikmati penampilan yang suguhkan.

                Rabu, 17 Desember 2013 tepat pukul 09.00 seluruh siswa dan panitia meninggalkan desa Ngebruk  untuk kembali ke Malang. Sebelum kembali, setiap kelompok berpamitan kepada ibu dan bapak mereka disana , dan tak lupa mereka memberikan kenang-kenangan.

                Banyak sekali pengalaman yang kita dapat dari sana. Dimana kita bisa mengenal kehidupan yang sederhana, lebih menghargai dan mensyukuri kehidupan kita yang sekarang, dan kita juga menjadi lebih peduli kepada sesama.

                Nah untuk siswa yang sekarang kelas X , semoga kalian akan mengalami kegiatan yang menyenangkan seperti ini juga Tahun depan. Jangan sampai tidak ikut ya! Dan semoga wacana ini menambah wawasan kalian!

Bravo SMANAWA

 

kirim ke teman | versi cetak