Baterai Dari Kentang, Tahan Hingga 3 Tahun


Berita Terkini Smanawa

* Selamat atas medali perak yang diraih ananda Nashiruddin (kelas C-2) pada kejuaraan Karate tingkat nasional pada Desember 2017 * Selamat atas Pengukuhan Gelar Doktor di bidang Manajemen Pendidikan kepada Kepala SMAN 9 Malang, Bapak Abdul Tedy M.Pd dari Universitas Negeri Malang- Selamat Hari Ulang Tahun ke-24 SMA Negeri 9 Malang 14 Agustus 2017..Jayalah selalu - Ananda Brian (kelas H3) dan M. Jamaludin (kelas H3) terpilih menjadi ketua OSIS-MPK periode kepengurusan 2017-2018 - Selamat kepada ananda Uci Septinus Wally telah diterima di Jurusan Teknik Kimia UI, serta ananda Midiles Kogoya di Jurusan Manajemen Universitas Jember pada program ADik 2017 * Daftar nama siswa SMAN 9 Malang yang berhasil diterima SNMPTN 2017 : Dilla (IPS 1), Laily Aura (IPA 6) Psikologi Unair, Firda Amalia (IPS 3) FIA Publik UB, Dhiatri Nari (IPS 3) Ilmu Hukum UB, Sherly (IPS 3) Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan UB, Jihan Naziha (IPS 3) Administrasi Pendidikan UM, Puti Indah Psikologi UB, Nadiya Eka (IPA 4) Kebidanan UB, Fatika Suryanita (IPA 4) Matematika Murni Ub, Chairunnisa (IPA 3) Teknologi Informasi UB, Tryvo Sukrisma (IPA 4) PGSD, Hana Salsabila (IPA 2) Pendidikan Dokter Gigi UB, Irfan Azhar (IPA 2) Akuntansi UB, Indira Putri (IPA 6) Sistem Informasi UB, Indah Annisa (IPS 3) Ilmu Politik UB, Fuad (IPA 3) Agribisnis, Tessalya (IPS 1) Psikologi UB, Annisa (IPS 1) HI UB, Eray Sofie (IPS 1) Ilmu Pemerintahan UB, Nurnel Safitri (IPA 4) Gizi Poltekes, Almira Kusumaningrum (IPA 4) Rekam Medis Poltekes, Raisa (IPS 2) Hukum UB, Rosa Dianovita (IPA 1) Bahasa Inggris UM- SMAN 9 MALANG OFFICIAL SITE

Baterai Dari Kentang, Tahan Hingga 3 Tahun

Senin, 10 Maret 2014 07:44:51 - oleh : admin

Oleh : Merdeka Post Pada Hari Saturday, 8 March 2014 | 12:34 WIB -

baterai kentang

Baterai dari kentang, yang tahan hingga 3 tahun ini merupakan penemuan baru di bidang teknologi. Sekarang ini banyak perangkat berteknologi menggunakan baterai dari bahan lithium yang tentu saja tidak ramah linkungan. Belum lagi persoalan daya tahan baterai yang kuat dalam rentang waktu yang relatif singkat.

Saat ini, kecanggihan berbagai gadget belum diimbangi dengan baterai yaang mempunyai daya tahan lama. Maka dengan ditemukannya Baterai dari kentang, yang tahan hingga 3 tahun menjadi angin segar bagi para pengguna perangkat pintar seperti smartphone, tablet, dan sebagainya.
Baterai dari kentang, yang tahan hingga 3 tahun merupakan penemuan terbaru para peneliti di Virginia Tech University. Kentang mengandung gula alami. Gula alami inilah yang kemudian dirubah menjadi bio energi.
Diyakini bahwa, baterai yang bersumber dari energi gula alami adalah sangat ideal untuk terapkan pada ponsel. Sifatnya yang non-explosive atau tidak mudah meledak dan terbakar menyebabkan penggunanya menjadi sangat aman. Bandingkan dengan lainnya seperti Hydrogen dan Methanol, keduanya bersifat explosive atau mudah meledak dan terbakar.

Kehebatan Baterai dari kentang, yang tahan hingga 3 tahun

Menjadi sangat menarik ketika sumber energi luar biasa yang aman ini diperoleh dari makanan sehari-hari seperti kentang. Sari pati kentang selanjutnya dipecah secara bertahap dengan memanfaatkan enzim cascade.
Dengan cara yang disebutkan tersebut, elektron dengan kualitas signifikan akan dihasilkan guna mendapatkan arus energi.
Hebatnya, dengan cara ini mampu menghasilkan 10 kali lebih banyak energi jika dibandingkan dengan sumber energi dari bahan dasar kimia.
Boleh percaya, tidakpun boleh. Mengutip laporan yang telah dimuat dalam jurnal ilmiah Nature Communications, disebutkan bahwa baterai yang terbuat dari bahan dasar sari pati kentang tersebut dapat digunakan untuk menyalakan baterai hingga tiga tahun lamanya dalam sekali pengisian. Luar biasa bukan? - See more at: http://www.merdekapost.com/2014/03/baterai-dari-kentang-tahan-hingga-3.html#sthash.tTC3UHmi.dpuf

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Sain dan Teknologi" Lainnya