Official Website SMA Negeri 9 Malang Jawa Timur


Berita Terkini Smanawa

Rombongan Sinau Sosial SMAN 9 Malang berangkat ke Desa Bocek Karangploso * Selamat kepada Tim Jambore Koperasi menjadi Juara Giat Jambore Koperasi se Kota Malang 2019 * Selamat kepada Tim Smanawa Juara 1 Internationl Youth Video Learners Competition dan Juara 3 Hots Quiz Challenge di Malaysia 27 Juli 2019 * Majalah online SMA Negeri 9 Malang bisa diakses melalui laman ini pada bagian kesiswaan atau langsung akses www.magmasmanawa.com HASIL SELEKSI SNMPTN 2019 SISWA SMAN 9 MALANG : 1. Henggar Luna XII.BHS Sastra Jepang UNAIR 2. Achmad Hasyim XII.BHS Pend Bahasa Jepang UB 3. Mayumi Deviyanti XII.BHS Ilmu Perpustakaan UM 4. Putri Nugrahantie BHS XII.BHS Pend. Bahasa Jerman UM 5. Rania Sekar Melati XII.BHS Ilmu Perpustakaan UB 6. Naura Izzatul XII.BHS Pend. Bahasa Arab UM 7. Cattaleya Kahlilla XII.BHS Sastra Jepang UB 8. Faticha Aissaladina XII.BHS Sastra Cina UB 9. Dwi Handoko XII.IPA.2 PWK UB 10. Melve Satriani XII.IPA.2 Matematika UM 11. Laras Ati Rochastuti XII.IPA.2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris UB 12. Masfiatul Habiba XII.IPA.2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UM 13. Alvira Rohdiyana XII.IPA.2 Statistika UB 14. Risa Febria R XII.IPA.2 Agribisnis UB 15. Bagus Adi Nurcahyo XII.IPA.2 Pend Teknik Mesin UB 16. Azizah Wahyuning Kholis XII.IPA.3 Teknik Kimia UB 17. Wenny Rasmawati S XII.IPA.4 Ilmu Kesehatan Masyarakat UM 18. Badruddin Daud Sochichi XII.IPA.5 DKV UM 19. Hanna Santrika XII.IPA.6 Pendidikan Mat-UM 20. Ardelia Athaya XII.IPA.6 Biokimia IPB 21. Kamila M. Hermadanti XII.IPA.6 Teknik Pertanian UB 22. Fatin Ebsadiar XII.IPA.6 Ilmu Kesehatan Masyarakat UM 23. Dea Aflah XII.IPA.6 Ilmu Kesehatan Masyarakat UM 24. Aurin Widya A XII.IPA.6 Teknik Sipil UM 25. Almira Rahma Atmaja XII.IPS.1 Pariwisata UB 26. Cherrelle Felicia XII.IPS.1 Ilmu Hukum UB 27. Ribka christy julianova XII.IPS.1 akuntansi UNAIR 28. Adenia Qonitalillah XII.IPS.1 Pendidikan Sosiologi UM 29. Aryanti Wulansari XII.IPS.1 Psikologi UB 30. Revly Manggala XII.IPS.1 Pend.Pancasila dan Kewarganegaraan UM 31. Tania Narawida XII.IPS.1 Sosiologi UB 32. Nathania Marshelia S.R XII.IPS.1 Ekonomi Keuangan dan Perbankan UB 33. Farah Fadillah XII.IPS.2 Bahasa dan Sastra Prancis UB 34. Ken Cahyaning Milenia XII.IPS.2 administrasi bisnis UB 35. Rika Wahyu Fitriani XII.IPS.2 Pendidikan Ekonomi UM 36. Yunika Rahayu S XII.IPS.2 Manajemen UM 37. Denelia Trisnasari XII.IPS.2 Ekonomi dan Studi Pembangunan UM 38. Putri Amalia Sofie XII.IPS.2 Pendidikan Akuntansi UM 39. Aqidatul Jannah XII.IPS.2 Admistrasi Publik UB 40. Amida nur rahmawati XII.IPS.3 psikologi UM 41. Shafira Brillianti W XII.IPS.3 Pend. Bahasa Inggris UM 42. Kurnia Noerhidayati XII.IPS.3 Ekonomi Islam UB 43. Dina Emilia Sari XII.IPS.3 Ilmu komunikasi UB 44. Irma sulistiowati XII.IPS.3 Pendidikan Sejarah UM 45. Briantya Satria T XII.IPS.3 Ilmu hukum UB - Manajemen * Divana Arya (X IPS 3) dan Zulvia Erta (XI IPA 6) SMAN 9 Malang berhasil meraih juara bulutangkis Widyagama Cup Se-Malang Raya 1-5 Maret 2019 * Daftar nama siswa SMAN 9 Malang yang diterima PMDK Polinema 2018/2019 : 1. Hanin Imtiyaz Amiroh Huda (XII.BHS) D3 Administrasi Bisnis 2. Aprilia Khasanah (XII MIPA 5) D4 Akuntansi Manajemen 3. Djadhug Musi'Arasty (XII.MIPA.1) D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi 4. Awwalun Nur Anfia (XII.MIPA.1) D3 Teknik Kimia 5. Linggar Tegar Firlanda (XII.MIPA.4) D4 Teknik Mesin Produksi 6. Aruna Irfandi Leonanta (XII.IPS.2) D4 Keuangan. * SMAN 9 MALANG OFFICIAL SITE

OSIS SMA Negeri 9 Malang

  

OSIS SMAN 9 MALANG


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

SMA NEGERI 9 MALANG


 

Penanggung Jawab : Bapak Drs. Teguh Pramono,M.Pd (Kepala SMAN 9 Malang)

Waka Kesiswaan : M. Chusnul Irfandi, S.Pd

Ketua OSIS SMAN 9 Malang periode 2018/2019 : Ariesta Rafi

Ketua MPK SMAN 9 Malang 2018/2019 : Annisa Najla


OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMA Negeri 9 Malang sebagai satu-satunya organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan SMA Negeri 9 Malang. Tujuan didirikannya OSIS Smanawa adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa.

Sebagai satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah maka OSIS SMAN 9 Malang bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS sendiri merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.


SARANA PRASARANA UNTUK OSIS SMAN 9 MALANG

Aktifitas OSIS SMAN 9 Malang  berpusat pada ruang OSIS yang berada pada bagian timur area SMAN 9 Malang.

Ruangan OSIS SMAN 9 Malang 


PERANAN OSIS SMAN 9 MALANG

Sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan, peranan OSIS SMAN 9 Malang adalah:

1. Sebagai Wadah Organisasi

Organisasi Siswa Intra Sekolah SMAN 9 Malang merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di Sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya tujuan pembinaan kesiswaan. Oleh sebab itu OSIS dalam mewujudkan fungsinya sebagai wadah. Wahana harus selalu bersama-sama dengan jalur lain, yaitu latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan wiyatamandala. Tanpa saling berkerjasama dari berbagai jalur, peranan OSIS sebagai wadah tidak akan berfungsi lagi.

2.Sebagai Penggerak / Motivator

Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan, semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

OSIS akan tampil sebagai penggerak apabila para pembina, pengurus mampu membawa OSIS selalu dapat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan yang diharapkan, yaitu menghadapi perubahan, memiliki daya tangkal terhadap acanaman, memanfaatkan peluang dan perubahan, dan yang paling penting memberikan kepuasan kepada anggota. Dengan bahasa manajemen OSIS mampu memainkan fungsi intelektual, yaitu mampu meningkatkan keberadaan OSIS baik secara internal maupun eksternal. Apabila OSIS dapat berfungsi demikian sekaligus OSIS berhasil menampilkan peranannya sebagai motivator.

3. Peranan Ketertiban Sekolah

Apabila peran yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakan sumber daya yang ada secara eksternal OSIS mampu mengadaptasi dengan lingkungan, seperti : menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara preventif OSIS berhasil ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. Peranan Preventif OSIS akan terwujud apabila peranan OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.


Foto bagian dalam ruang OSIS SMAN 9 Malang


Melalui peranan OSIS SMAN 9 Malang tersebut dapat ditarik beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air.
3. Meningkatkan kepribadian dan budi pekerti luhur.
4. Meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan.
5. Meningkatkan ketrampilan, kemandirian dan percaya diri.
6. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.
7. Menghargai dan menjiwai nilai-nilai seni, meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni.

Foto Ruang OSIS SMAN 9 Malang tampak belakang

OSIS SMAN 9 Malang dibina untuk mengarah pada pembentukan karakter siswa yang cerdas, aktif, ulet, dan kreatif. Dengan pembinaan yang ada OSIS Smanawa selalu ditempa untuk berbudi pekerti luhur sesuai dengan wawasan kebangsaan sebagai manusia yang unggul dan bermartabat sehingga berguna bagi nusa dan bangsa.


 

Jika berkaca pada visi dan misi SMAN 9 Malang yaitu Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik di tingkat global yang berwawasan lingkungan berdasar iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka melalui OSIS dapat menjadi instrumen untuk mewujudkan SMAN 9 Malang yang berprestasi dan lebih maju lagi ke depannya.


Bravo Smanawa